Bahas Keamanan Perairan ASEAN, Menlu Tiga Negara Bertemu di Yogya

YOGYAKARTA -  Keamanan  perairan di kawasan ASEAN menjadi fokus dalam pertemuan antara Menteri Luar Negeri Indonesia, Malaysia dan Filipina. Pertemuan itu digelar di Gedung Agung Yogyakarta.



Menlu RI, Retno Marsudi paska pertemuan yang turut diikuti oleh Panglima Angkatan Bersenjata dari ketiga negara mengatakan, pertemuan ini adalah bentuk komitmen Indonesia, Malaysia dan Filipina terhadap keamanan di kawasan.

“Pertemuan hari ini membuktikan besarnya komitmen Indonesia, Malaysia dan Filipina untuk memastikan perdamaian, stabilitas, dan keamanan di kawasan," ucap Retno paska pertemuan tersebut, seperti tertuang dalam siaran pers Kementerian Luar Negeri Indonesia yang diterima Sindonews pada Kamis (5/5).

Retno juga menegaskan, perdamaian, stabilitas dan keamanan tersebut tidak saja memiliki kontribusi langsung terhadap kesejahteraan ekonomi ketiga negara, namun juga bagi ASEAN.

Dalam pertemuan tersebut disepakati bahwa ancaman perompakan di laut, penyanderaan, dan kejahatan lintas batas lainnya bila tidak segera diatasi dapat menurunkan tingkat kepercayaan perdagangan, perniagaan dan kepercayaan terhadap kawasan secara umum.


(esn)
sindonews
iklan