AS Dekati Wilayah Sengketa, China Kerahkan Jet Tempur

BEIJING – China mengerahkan pesawat tempurnya untuk menghalau kapal perang Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) yang berlayar di dekat gosong karang sengketa di Laut China Selatan (LCS). Tindakan itu diambil karena kapal tersebut dianggap sebagai ancaman ilegal terhadap perdamaian di kawasan.


Keterangan dari Juru Bicara Departemen Keamanan AS Bill Urban, sebagaimana dilansir Reuters, Rabu (11/5/2016), menjelaskan bahwa kapal perusak USS William P Lawrence berlayar sejauh 12 mil laut dari Gosong Karang Fiery Cross yang dikuasai China.
Kehadiran USS William P Lawrence ini merupakan bagian dari operasi kebebasan navigasi yang bertujuan menentang klaim China terhadap beberapa wilayah di LCS.
“Klaim-klaim maritim yang berlebihan ini tidak konsisten dengan hukum internasional seperti yang tertulis dalam Hukum Konvensi Laut, yakni mereka membatasi hak navigasi yang dimiliki AS dan sekutu-sekutunya,” kata Urban.
Kementerian Pertahanan China menyatakan pihaknya mengerahkan dua pesawat tempur dan tiga kapal perang untuk menguntit kapal AS dan mengusirnya.
Gosong Karang Fiery Cross adalah salah satu wilayah yang diklaim dan dijadikan fasilitas militer oleh China di LCS. Fasilitas yang terdapat di Fiery Cross termasuk sebuah landasan sejauh 3.000 meter yang dikhawatirkan AS akan digunakan sebagai pendukung klaim militer China untuk melakukan klaim wilayah lebih jauh lagi.
(dka)
okezone
iklan