Anggota Parlemen Turki: Jet Rusia Lainnya Harus Dijatuhkan!

ISTANBUL – Anggota Parlemen Turki, Samil Tayyar, berkicau mengenai penembakan terhadap pesawat Rusia lainnya di akun Twitter pribadinya. Dia berkilah kicauan tersebut merupakan candaan sebagai reaksi setelah salah satu tim basket Turki kalah dari tim basket Rusia.

Tim basket Fenerbahce dikalahkan oleh tim basket CSKA Moscow 96-101 lewat babak tambahan waktu di partai final Liga Basket Eropa pada Minggu 15 Mei 2016. Politikus Partai AKP itu langsung menyampaikan reaksinya lewat Twitter.
“Pesawat jet Rusia lainnya harus dijatuhkan!” kicaunya di akun @samiltayyar27, seperti dikutip Russia Today, Selasa (17/5/2016). Kicauan itu di-retweet lebih dari 8.000 kali dan disukai oleh lebih dari 9.000 pengikutnya.
Pada Senin 16 Mei 2016, Tayyar kembali berkicau di akunnya dengan mengatakan kalimatnya itu merupakan lelucon untuk meredakan kemarahan. Dia mengaku kesal atas kepemimpinan wasit yang dianggapnya buruk sehingga berdampak pada hasil pertandingan.
Insiden serupa pernah terjadi terhadap tim bola voli putri Rusia. Ketika bertanding di Istanbul, Turki pada Maret lalu, mereka mendapatkan caci maki dari penonton. Para perempuan itu dihujani sampah serta menjadi korban tindakan tidak senonoh dari pelatih tim Turki.
Seperti diketahui, Angkatan Udara Turki menembak jatuh pesawat bomber Su-24 milik Rusia pada 24 November 2015. Ankara menganggap pesawat tersebut melanggar wilayah udaranya. Sejak itu, hubungan kedua negara berada di titik terendah. Moskow menuntut permohonan maaf dari Turki sebagai syarat perdamaian serta pencabutan sanksi ekonomi yang dijatuhkan Rusia.
(wab)
okezone
iklan