Waspadai AS-India, China-Pakistan Lakukan Latihan Militer Bersama

ISLAMABAD - Angkatan Udara China pada Sabtu, 9 April 2015 mulai melakukan latihan militer bersama dengan tentara Pakistan.


Latihan militer itu bertujuan untuk memperkuat hubungan operasional militer antara kedua negara seklaigus mewaspadai tentara India dan juga menekan dominasi AS di Asia, ujar pihak Kementerian Pertahanan China.
"Angkatan Udara China berharap dapat memperluas cakupan kerjasama dan melakukan dialog dengan semua negara dan kawasan," ujar Kementerian Pertahanan China dalam sebuah pernyataannya.
Latihan militer bersama, yang disebut "Shaheen V," akan berlangsung sampai 30 April 2016, sebagaimana dikutip dari Reuters, Sabtu (9/4/2016).
Selama ini, China dan Pakistan memang diketahui memiliki hubungan erat terutama dalam hal pertahanan. Dua negara itu bahkan menyebut satu sama lain sebagai teman.
Sebelumnya, China telah mendesak Pakistan untuk menyingkirkan kelompok militan dari wilayah Barat Xinjiang yang bersembunyi di daerah-daerah etnik Pashtun di perbatasan Afghanistan Pakistan.
Tempat itu merupakan pusat perkumpulan bagi berbagai kelompok militan dan ekstremis termasuk kelompok militan Taliban dan Al Qaedah.
(FIK)
iklan