AS Siapkan Opsi Lain Hadapi 'Kenakalan' Korut

WASHINGTON - Amerika Serikat memperingatkan Korea Utara (Korut) untuk tidak menambah runyam situasi di Semenanjung Korea. AS bahkan menyatakan akan melihat 'pilihan lain' untuk menghadapi program nuklir dan rudal Korut.



Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Mark Toner memperingatkan, Washington akan melihat 'pilihan lain' jika Korut terus menerus melakukan uji coba rudal nuklir dan balistik, seperti dikutip dari Xinhua, Rabu (27/4/2016).

Kendati demikian, Toner tidak mengungkapkan pilihan lain yang sedang dipertimbangkan oleh AS dalam menghadapi 'sikap nakal' negara komunis yang tertutup itu.

Sebelumnya, Korut menyatakan telah berhasil melakukan uji coba peluncuran rudal balistik dari kapal selam. Menurut militer Korut, keberhasilan itu menambah opsi dalam melakukan serangan nuklir ke negara lain.

Eskalasi ketegangan di Semenanjung Korea meningkat setelah Korut memutuskan untuk melakukan uji coba bom hidrogen pada awal tahun ini. Sebulan kemudian, Korut meluncurkan rudal ke angkasa untuk menempatkan satelit ke orbitnya. Dua aksi Korut ini pun menuai kecaman dan berbuah sanksi dari Dewan Keamanan PBB.


(ian
sindonews
iklan