Turki Akan Tanggapi Sinyal Perdamaian Rusia

ANKARA - Seorang ahli kebijakan luar negeri Turki mengatakan, Ankara tidak akan mengabaikan sinyal terbaru Rusia dalam upaya normalisasi hubungan kedua negara.



Rusia telah mengirimkan sejumlah sinyal ke Turki untuk menormalisasi hubungan dalam beberapa pekan terakhir. Sinyal itu mulai dari mengangkat sanksi terhadap perusahaan Turki di Rusia, hingga mengajak berbicara memperbaharui pipa Streaming Turki yang beku.

Menurut Kepala Pusat Studi Strategis Turki Asia, Soleyman Sensoy, Turki kemungkinan memahami arti penting dari sinyal tersebut dan akan segera merespon.

"Menurut saya, tidak hanya masa depan wilayah tersebut, tetapi juga nasib planet ini tergantung pada keadaan hubungan Rusia-Turki. Kami sangat menyesal insiden malang jatuhnya pesawat Rusia, setelah hubungan telah memasuki fase krisis antara kedua negara,"kata Sensoy dikutip dari Sputniknews, Jumat (1/4/2016).

Sensoy percaya, pemerintah Turki memahami pentingnya hubungan dengan Rusia dan tidak akan mengabaikan sinyal tersebut. Indikasi lainnya dapat dilihat dari reaksi Turki yang tidak menanggapi sanksi ekonomi Rusia terhadap perusahaan Turki, produk dan jasa.

"Menurut pendapat saya, ini merupakan indikasi bahwa Turki menghargai hubungan dengan Rusia dan tidak ingin meningkatkan krisis saat ini," kata Sensoy.


(ian)
sindonews
iklan