Putin Sebut Operasi Militer Rusia Telah Memperkuat Suriah

MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, operasi militer Rusia di Suriah telah memperkuat kenegaraan dan pemerintahan yang sah. Namun, Putin juga menegaskan terlalu dini untuk mengatakan sejumlah terobosan telah dicapai.



"Terlalu dini untuk mengatakan kami telah mencapai terobosan penting, tetapi jelas bahwa kita telah mencapai misi kami," kata Putin, mengacu pada operasi Rusia di Suriah, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (7/4/2016).

Dia menambahkan, dengan dukungan Rusia, tentara Suriah telah membebaskan pemukiman baru dari "teroris". Putin seolah ingin menegaskan jika operasi militer yang dilakukan Rusia di Suriah adalah untuk memerangi teroris.

Seperti diketahui, Rusia memulai operasi militer di Suriah akhir September lalu. Operasi militer itu dilakukan setelah mendapat surat permintaan bantuan dari Presiden Suriah, Bashar al-Assad.

Pada pertengahan Maret lalu, Putin membuat keputusan mengejutkan dengan menarik mundur pasukan Rusia yang ada di Suriah. Meski pun begitu, sejumlah pasukan udara Rusia masih melakukan serangan udara untuk membantu pasukan Suriah.

Terakhir, mereka turut membantu pasukan Suriah merebut Palmyra dari tangan ISIS.


(ian)
sindonews
iklan