Presiden Xi Jinping Peringatkan Obama soal Laut China Selatan

BEIJING - Presiden China, Xi Jinping, memperingatkan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama, soal kisruh klaim Laut China Selatan.

 

Presiden Xi memperingatkan AS untuk tidak menggunakan dalih kebebasan bernavigasi untuk melemahkan kepentingan keamanan nasional China. Sebab, menurut Xi, Beijing akan melindungi kedaulatannya di kawasan maritim yang jadi sengketa tersebut.

Dalam pertemuan dengan Obama di sela-sela KTT Keamanan Nuklir di Washington DC,Presiden Xi percaya pada resolusi damai dalam konflik Laut China Selatan melalui jalur perundingan. Namun, Cihna akan mengambil langkah-langkah guna melindungi kepentingan nasional dan kedaulatannya.

China dengan tegas akan menjaga kedaulatan dan hak terkait di Laut China Selatan,” kata Xi, seperti dikutip kantor berita Xinhua, Jumat (1/4/2016).

Meskipun Beijing menghormati dan menjaga hak kebebasan navigasi dan overflightnegara-negara lain berdasarkan hukum internasional, (namun) China akan tidak menerima kebebasan navigasi sebagai alasan untuk melemahkan kedaulatan dan kepentingan keamanan nasional China,” ujarnya.

AS selama ini telah mengambil langkah-langkah untuk melawan pengaruh China yangtumbuh di kawasan sengketa dengan meningkatkan patroli angkatan laut reguler di Laut China Selatan. AS berdalih patroli itu sebagai pelaksanaan kebebasan navigasi.

Menanggapi langkah AS itu, China telah mengerahkan sistem rudal canggih di Woody Island awal tahun ini. Pesawat militer juga ikut dikerahkan.
Woody Island adalah pulau terbesar dalam rantai Paracel di Laut China Selatan. China mengklaim pulau itu pada tahun 1950, tetapi Taiwan, Filipina, Brunei, Malaysia dan Vietnam juga ikut berebut.


(mas)
sindonews
iklan