Polisi Turki Tangkap Pembunuh Pilot Jet Tempur Rusia

ANKARA - Pihak kepolisian Turki mengkonfirmasi jika mereka telah berhasil menangkap tersangka pembunuh pilot jet tempur Su-24 Rusia yang ditembak jatuh pesawat tempur Turki di daerah perbatasan Suriah.



Sebuah sumber kepolisian Turki menyatakan, bahwa Alparslan Celik telah ditahan di kota Izmir. Celik dan 13 orang lainnya dicegat di sebuah restoran dan ditahan. Mereka mempersenjati dirinya dengan senapan Kalashnikov dan sejumlah senjata lain.

"Alparslan Celik telah ditahan dan saat ini sedang ditahan di tahanan," kata sumber polisi seperti dikutip dari Sputniknews, Jumat (1/4/2016).

Celik adalah pria yang mengklaim telah membunuh pilot jet tempur Su-24 Rusia, Letnan Kolonel Oleg Peshkov. Peshkov ditembak mati saat terjun payung menyelamatkan diri sesaat setelah pesawatnya ditembak jatuh pesawat F-16 Turki.

Insiden penembakan Su-24 Rusia oleh F-16 Turki ini sendiri terjadi pada 24 November lalu. Saat itu, pesawat bomber Rusia itu dianggap telah melanggar batas wilayah. Insiden ini memicu ketegangan kedua negara hingga sekarang.


(ian)
sindonews
iklan