Perangi ISIS, Taliban Rombak Jajaran Pimpinan

PESHAWAR - Kelompok militan Afghanistan, Taliban, mengumumkan perombakan di bagian kepemimpinan senior. Langkah ini diambil untuk menopang organisasi dalam berjuang melawan ISIS yang telah merambah sejumlah negara bagian.



Juru bicara Taliban, Qari Yousaf Ahmadi mengatakan kepada NBC News, Selasa (5/4/2016), kelompok itu telah menunjuk putra sulung dan saudara pendiri Taliban, Mullah Omar, sebagai anggota Dewan Pimpinan mereka.

Pengumuman ini datang di tengah kemunculan ISIS pada sejumlah daerah di Afghanistan. Pada bulan Desember lalu, ISIS merilis sebuah video yang menyebut kelompok Taliban telah menyimpang.

Taliban menunjuk Mullah Akhtar Mohammad Mansour sebagai pemimpin kelompok itu setelah pemimpin mereka Mullah Omar diumumkan telah tewas sejak dua tahun lalu pada bulan Juli tahun lalu. Penunjukkan itu menimbulkan gejolak di tubuh Taliban, dimana sejumlah faksi di kelompok itu menilai putra sulung Omar yaitu Yaqoob dan adiknya Manan lebih pantas menjabat sebagai pemimpin.

Belakangan, pihak keluarga Mullah Omar dapat menerima penunjukkan Mullah Akhtar Mohammad Mansour. Meski begitu, hal itu tidak lantas meredam perpecahan di tubuh Taliban. Sejumlah faksi masih tidak mengakui kepemimpinan Mullah Akhtar.


(ian)
sindonews
iklan