Moskow: Washington Serius Garap Rencana Militer Anti Rusia

MOSKOW - Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova mengatakan, Washington secara serius telah mengambil langkah menyusun perencanaan militer anti Rusia. Moskow pun akan mempertimbangkan kebijakan Amerika Serikat (AS) itu.



Washington diketahui telah mengeluarkan dana sekitar USD3,4 miliar yang berasal dari pajak mereka untuk apa yang disebut "European Reassurance Initiative". Program ini bertujuan untuk memperkuat kehadiran militer AS di Eropa Timur pada 2017 dalam rangka mencegah apa yang disebut Agresi Rusia.

"Washington secara serius telah mengambil perencanaan militer dan konstruksi yang diarahkan kepada Rusia. Strategi ini tertuang dalam dokumen terdahulu dan memakan biaya yang besar," kata Zakharova, seperti dikutip dari laman Sputnik, Selasa (5/4/2016).

Zakharova menekankan, Pentagon sedang mengintensifkan persiapan militer di dekat perbatasan Rusia, termasuk penyebaran sistem pertahanan udara di Eropa Timur.

Sebelumnya, Jenderal Phil Breedlove, komandan Komando Eropa (EUCOM), NATO akan memposisikan pasukan tambahan AS serta 250 tank di sepanjang perbatasan timur Eropa. Termasuk juga Bradley Fighting Vehicles dan Paladin self-propelled howitzer dan kendaraan lapis baja berat lainnya.

"Strategi baru dari Komando Eropa AS menyebut Rusia sebagai tantangan global yang membutuhkan respon global dan bahwa membatasi agresi Rusia adalah prioritas utama," kata Zakharova.


(ian)
sindonews
iklan