Militer Turki Bantah Bakal Kudeta Erdogan

ANKARA - Militer Turki geram dengan kabar yang menyatakan mereka akan melakukan kudeta terhadap Presiden Recep Tayyip Erdogan yang dinilai semakin kontroversial. Militer Turki pun dengan tegas membantah kabar tersebut.



Sejumlah media memberitakan spekulasi bakal terjadinya kudeta militer di Turki memanfaatkan kunjungan Erdogan ke luar negeri selama hampir seminggu.

"Disiplin, ketaatan tanpa syarat dan rantai terpadu komando merupakan dasar dari Angkatan Bersenjata Turki. Tidak akan ada pembicaraan tentang tindakan ilegal yang berada di luar struktur komando atau yang kompromi itu," kata militer dalam sebuah pernyataan politik yang langka di situsnya dikutip dari France24, Kamis (31/3/2016).

Militer Turki juga mengatakan akan mengambil tindakan hukum atas pemberitaan tersebut, tanpa menyebutkan media mana, dan menyatakan bahwa pemberitaan tersebut tidak berdasara. Militer Turki menyatakan pemberitaan seperti itu dapat merusak moral dalam tubuh Angkatan Bersenjata.

Militer Turki sendiri tercatat telah menggulingkan pemerintah terpilih dalam tiga kesempatan, yaitu pada tahun 1960, 1971, dan 1980. Pada tahun 1997, militer juga yang memaksa mentor Erdogan, Necmettin Erbakan, lengser sebagai perdana menteri Turki.


(ian)
sindonews
iklan