Militer Iran Siap Tingkatkan Kerja Sama dengan TNI

JAKARTA, KOMPAS.com - Angkatan bersenjata Iran siap untuk meningkatkan kerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI). 



Demikian disampaikan atase pertahanan Republik Islam Iran untuk Indonesia, Kolonel Shahriar Dasin, Jumat (15/4/2016) malam dalam peringatan hari Angkatan Bersenjata Iran.

"Hubungan Iran dan Indonesia sudah terjalin dengan sangat baik, pada saat kami terkena sanksi hubungan kedua negara tetap terjalin baik," kata Dasin.

Kerja sama kedua negara di bidang militer, diakui Dasin, memang belum terlalu signifikan. Namun, Iran siap meningkatkannya.

"Iran siap memproduksi senjata bersama Indonesia, untuk menjaga perdamaian atau latihan militer bersama," kata Dasin.

Selain itu, lanjut dia, pengalaman Iran mengembangkan kemampuan dalam negeri di bawah tekanan sanksi internasional adalah salah satu hal yang bisa dibagi dengan Indonesia.

Hal lain yang siap dibagi Iran kepada Indonesia adalah langkah-langkah mengatasi terorisme.

"Iran terletak di kawasan dengan banyak aksi terorisme. Meski demikian, Iran adalah negara yang paling stabil keamanannya di kawasan Timur Tengah," papar Dasin.

Kiat-kiat Iran menjaga stabilitas di kawasan yang rawan konflik itulah yang menurut Dasin sangat berharga untuk dibagi dengan Indonesia.
iklan