Korsel Gelar Latihan Militer di Lokasi Uji Coba Rudal Korut

SEOUL - Korea Selatan (Korsel) menggelar latihan militer dalam skala besar di Laut Timur. Lokasi itu adalah lokasi dimana Korea Utara (Korut) melakukan uji coba rudal dan roket yang dipimpin langsung oleh diktator muda Korut, Kim Jong-un.



Latihan militer tersebut melibatkan K6 self-propelled unit artileri dan peluncur roket 130 mm dan digelar di daerah pesisir Goseong yang berbatasan dengan Korut, seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (4/4/2016).

"Tujuan dari latihan ini adalah peran masing-masing unit dengan skenario kemungkinan provokasi maritim Korut," kata juru bicara Kementerian Pertahanan Korsel, Moon Sang-gyun. Ia juga menyatakan, latihan militer ini difokuskan pada prosedur mengenai menembak sasaran di laut dengan lebih efisian dan akurat.

Selama sebulan terakhir, Jong-un secara pribadi memantau langsung peluncuran roket dan rudal ke Laut Timur, termasuk tes pertama rudal balistik jarak menengah. Akhir bulan lalu, Jong-un menyaksikan secara langsung uji coba penembakan artileri jarak jauh dari pantai, sekitar 120 km sebelah utara dari Goseong.

Korut sebelumnya mengklaim serangkaian terobosan penting dalam perkembangan kemampuan serangan nuklir jarak jauhnya. Mereka bahkan menantang dan mengancam akan menyerang Seoul dan Washington dengan serangan nuklir.


(ian)
sindonews
iklan