Jet Tempur Norwegia Tidak Sengaja Tembaki Menara Kontrol

OSLO – Satu unit jet tempur Norwegia secara tidak sengaja menembaki menara kontrol ketika tengah menjalani latihan militer. Beruntung, tiga petugas yang berada di dalam menara tidak mengalami luka akibat insiden tersebut.





Dua jet F-16 tengah berlatih simulasi serangan di Pulau Tarva, Norwegia pada Selasa 12 April 2016 malam waktu setempat. Salah satu pesawat berlatih menembak dengan senapan mesin M61 Vulcan yang dapat menembakkan hingga 1.000 peluru dalam waktu satu detik.

“Kami sedang melakukan investigasi atas insiden tersebut,” ucap juru bicara militer Norwegia, Kapten Brynjar Stordal, seperti dimuat The Guardian, Senin (25/4/2016). Meski hujan peluru membekas di menara kontrol, tidak ada petugas yang luka-luka akibat insiden tersebut.

Insiden serupa pernah terjadi pada 2009. Satu unit jet tempur F-16 juga secara tidak sengaja menembaki menara kontrol yang sama hingga meninggalkan bekas berupa lubang besar. Beruntung, tidak ada korban dalam insiden 2009 tersebut.

Insiden tersebut bukanlah satu-satu insiden salah tembak yang melibatkan F-16. Pada 2014, jet tempur F-16 milik Belanda juga secara tidak sengaja menembaki menara kontrol di Vlieland dalam sebuah latihan. Menara kontrol tersebut mengalami kerusakan kecil, namun tidak ada korban dalam insiden tersebut. (wab)okezone
iklan