Jepang Sebut Ekspansi Maritim China Buat Dunia Sangat Khawatir

TOKYO - Menteri Luar Negeri Jepang, Fumio Kishida, mengatakan ekspansi maritim China telah membuat dunia sangat khawatir. Komentar Menlu Jepang ini mengacu pada ekspansi maritim China di Laut China Selatan dan Laut China Timur.
 
 


Pernyataan Menlu Kishida muncul pada hari Senin (25/4/2016) menjelang kunjungannya ke Beijing.

Jepang sendiri terlibat sengketa maritim dengan China di wilayah Laut China Timur. Kedua negara juga terlibat persaingan regional sejak Perang Dunia II.

”Terus terang, bahwa peningkatan pesat dan buram pada pengeluaran militer di (China) dan upaya sepihak untuk mengubah status quo di Laut China Timur dan Selatan dengan tujuan membangun negara maritim yang kuat, tidak hanya orang-orang di Jepang, tapi negara-negara di kawasan Asia-Pasifik dan masyarakat internasional sangat khawatir,” kata Kishida dalam sebuah pidato, seperti dikutip Reuters.

China mengklaim hampir seluruh kawasan Laut Cina Selatan, yang diyakini memiliki cadangn minyak dan gas yang melimpah. Namun, Brunei, Malaysia, Filipina, Taiwan dan Vietnam juga memiliki klaim di kawasan serupa yang saling tumpang tindih.

Kishida berencana untuk mengunjungi China pada awal GoldenWeek”—liburan Jepang—yang dimulai pada hari Jumat.


Melalui dialog yang jujur dengan pihak China, saya ingin mendapatkan kemudi balik untuk menciptakan hubungan China-Jepang yang cocok untuk usia baru,” ujar Kishida.


(mas)
sindonews
iklan