Jelang Uji Coba Nuklir Korut, Korsel Siaga Penuh

SEOUL -  Militer Korea Selatan (Korsel) dilaporkan tengah dalam kondisi siaga tinggi menjelang uji coba nuklir yang dilakukan oleh tetangga mereka Korea Utara (Korut). Korut disebut akan melakukan uji coba nuklir hari ini, sebagai bentuk peringatan hari militer mereka.
 
 


Tanggal 25 April merupakan Military Foundation Day, atau hari dimana terbentuknya Tentara Rakyat Korea (KPA), sebutan untuk tentara Korut. Korsel menduga Korut akan menggunakan hari ini sebagai hari percobaan senjata nuklir terbaru mereka, sebagai bentuk perayaan.

"Militer kami tengah dalam kondisi persiapan menyeluruh terhadap kemungkinan Korut melakukan uji coba nuklir. Kami terus memperhatikan dengan sangat dekat karena hari ini menandai ulang tahun berdirinya Angkatan Bersenjata Korut," kata  juru bicara Kementerian Pertahanan Korsel, Moon Sang-gyun seperti dilansir Sputnik.

Sang-gyun menuturkan, pihaknya terus menerus mendeteksi adanya tanda-tanda Pyongyang sedang melakukan persiapan akhir untuk melakukan uji coba nuklir terbaru mereka.

Uji coba terakhir yang dilakukan Korut diketahui terjadi pada bulan Januari lalu. Dimana, saat itu Korut mengklaim mereka berhasil melakukan uji coba bom hidrogen, yang getaran akibat ledakan bom itu disebut-sebut terasa sampai China.


(esn)
sindonews
iklan