Drone Buatan Ongen Tampil di Pameran Alutsista TNI AD

JAKARTA - Pesawat terbang tanpa berawak atau drone buatan Yulian Paonganan (Ongen) hari ini akan tampil di Pameran Alutsista Topografi TNI Angkatan Darat di kawasan Senen, Jakarta Pusat. Gelaran ini dalam rangka memeriahkan HUT ke-70 Dinas Topografi TNI AD.






Drone yang diberi nama OS-Wifanusa tersebut adalah inovasinya melalui sebuah riset panjang. "Riset ini dilaksanakan Ongen selama kurang lebih 2,5 tahun melalui Indonesia Maritime Institute (IMI)," ujar Aditya, salah seorang staf Ongen, di Jakarta, Selasa (26/4/2016).

Drone OS-Wifanusa sedang diproduksi sebanyak tiga unit, pesanan dari Kementerian Pertahanan yang akan digunakan Dinas Topografi TNI AD untuk pengawasan wilayah perbatasan dan ZEE Natuna.

OS-Wifanusa adalah drone canggih yang memiliki kemampuan terbang selama 8-10 jam nonstop dengan jarak jelajah mencapai 1.000 kilometer dan ketinggian jelajah hingga 4.000 meter.

Drone ini dilengkapi sistem autonomous canggih triple redundant, serta tiga kamera supermutakhir yang bisa dikontrol dari jarak jauh.

Kelebihan lain dari drone karya Ongen ini adalah memiliki kemampuan amfibi. Drone ini bisa take-off dan landing di laut serta darat.


Ada dua tipe drone yang sedang diproduksi, yaitu yang memiliki bentang sayap 4,2 dan 6,4 meter. Drone ini juga sudah mendapat sertifikat uji Litbang TNI AL dan sertifkat TKDN 28,01 persen dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Sekadar diketahui, saat ini Ongen harus menjalani sidang kedua yang didakwa atas tuduhan melanggar UU ITE dan Pornografi di PN Jakarta Selatan. Hal ini terkait posting-an foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan artis Nikita Mirzani di media sosial. (fmi) okezone

iklan