Dikecam AS dan Sekutunya, Korut Tetap Jalankan Program Nuklir

NEW YORK - Utusan Korea Utara (Korut) untuk PBB, So Se Pyong menegaskan, negaranya tetap akan menjalankan program nuklir dan rudal balistik meski menuai kecaman dari Amerika Serikat (AS) dan sekutunya.



"Jika AS terus menunjukkan sikap permusuhan, maka kami harus membuat langkah-langkah balasan juga. Jadi, kami harus mengembangkan dan kami harus membuat lebih banyak lagi untuk mencegah serangan nuklir," kata So seperti dikutip dari Reuters, Jumat (1/4/2016).

"Kebijakan yang simultan adalah kebijakan negara saya, dan partai saya juga, yang berarti produksi nuklir dan pembangunan ekonomi," katanya merujuk pada program kebijakan pemimpin Korut, Kim Jong-un.

Dalam kesempatan itu, So mengaku tidak tahu soal penembakan rudal yang sebelumnya dilakukan Korut dan pengacakan sinyal GPS. "Mereka (Seoul) membuat terlalu banyak manipulasi, terlalu banyak laporan palsu," katanya.

Se Pyong juga mengecam latihan militer bersama Korea Selatan (Korsel) dan AS di Semenanjung Korea. Ia menilai latihan perang tersebut ditujukan untuk memenggal kepala pemimpin tertinggi Korut dan menaklukan Pyongyang. Ia pun menyatakan bahwa saat ini situasi di Semenanjung Korea dalam keadaan "semi perang."


(ian)
sindonews
iklan