Diduga Terkait ISIS, 15 Orang Dicokok Polisi Turki

ANKARA - Polisi Turki menahan 15 orang dalam penggerebekan Jumat (1/4/2016) pagi. Penggerebekan ini menargetkan kelompok militan ISIS di provinsi pesisir barat Izmir, seperti dilaporkan kantor berita swasta Dogan.



"Di antara mereka yang ditahan terdapat orang-orang yang berjuang untuk ISIS di negara tetangga Suriah dan dilatih orang lain untuk berjuang demi kelompok itu," begitu bunyi laporan Dogan, seperti dikutip dari Reuters.

Dogan juga melaporkan, di antara para tersangka yang diduga dilatih oleh ISIS, beberapa diantaranya masuk dalam daftar pencarian orang. Mereka diduga terlibat dalam serang bom di kantor partai pro-Kurdi di Turki Selatan tahun lalu. Mereka juga dianggap berpotensi menjadi pelaku bom bunuh diri.

Pemerintah Turki mengatakan, warga Turki yang menjadi anggota ISIS bertanggung jawab atas serangan bom bunuh diri di pusat Istanbul pada 19 Maret silam yang menewaskan tiga warga Israel dan Iran. Itu adalah bom bunuh diri keempat yang terjadi di Turki pada tahun ini dan yang kedua yang dilakukan oleh ISIS.

Polisi anti teror Turki melakukan penggerebekan pada berbagai alamat di kota dan menyita empat senapan, bersama dengan dokumen dan materi mengenai ISIS. Pada hari Rabu lalu, polisi Turki menahan 16 orang di provinsi tenggara dari Adiyaman karena dicurigai anggota Front al-Nusra, sayap kelompok Al-Qaeda di Suriah.


(ian)
sindonews
iklan