Di Hadapan Abbas, Putin Tegaskan Dukungan untuk Palestina

MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin menegaskan dukungan kepada Palestina dalam menyelesaikan konflik dengan Israel. Dukungan itu disampaikan langsung oleh Putin kepada Presiden Palestina Mahmoud Abbas.
 
 


Di hadapan Abbas, Putin mengatakan, dirinya sangat mengetahui bahwa Palestina terus berusaha untuk menyelesaikan konflik dengan Israel, yang sudah berlangung selama beberapa dekade. Perdamaian Palestina dan Israel bisa berdampak besar pada stabilitas Timur Tengah. Oleh karena itu Rusia akan terus mendukung Palestina terkait ini.

"Saya senang bahwa kami bertemu secara teratur dan memiliki kemungkinan untuk berkonsultasi, melakukan penyesuaian untuk hubungan bilateral kami dan bereaksi terhadap peristiwa regional," ucap Putin, seperti dilansir Sputnik pada Senin (18/4).

"Saya tahu bahwa Anda mengambil langkah-langkah aktif untuk mendorong proses penyelesaian. Tentu saja, kami akan mendukung usaha Anda, yang bertujuan untuk mengaktifkan segala sesuatu yang diperlukan untuk dialog konstruktif," sambungnya.

Negosiasi damai antara Palestina dan Israel sendiri sampai saat ini masih dalam kondisi mati suri. Israel telah menolak syarat yang diajukan Palestina agar negosiasi itu kembali terjadi, dan mengatakan mereka hanya akan mau melakukan negosiasi jika Palestina tidak mengajukan syarat apapun.

Sementara itu, dari sisi Palestina, mereka mengatakan enggan melakukan negosiasi tanpa syarat. Salah satu alasannya, negosiasi tanpa syarat hanya akan menguntungkan pihak Israel, dan memberikan kerugian pada Palestina. Salah satu syarat yang diajukan Palestina adalah Israel harus mengakui semua perjanjian perdamaian yang ditandatangani oleh kedua sisi.


(esn)
sindonews
iklan