AS Minta Bantuan RI Redakan Ketegangan di LCS

JAKARTA - Amerika Serikat (AS) meminta bantuan kepada pemerintah Indonesia untuk membantu meredakan ketegangan di kawasan Laut China Selatan. Hal itu diutarakan oleh wakil Menteri Luar Negeri AS, Antony J. Blinken.



Berbicara saat melakukan pertemuan dengan sejumlah awak media di kantor Kedutaan Besar AS di kawasan Jakarta Pusat, Blinken menuturkan, bahwa dirinya sudah melakukan pertemuan dengan pihak Kementerian Luar Negeri Indonesia. Dalam pertemuan itu, penguatan kerjasama dalam berbagai bidang menjadi fokus utama.

"Ini adalah kedua kalinya saya ke Indonesia. Sebelum ke Jakarta, saya telah mengunjungi Tokyo, Seoul dan Hanoi. Kita sudah mempunyai kerjasama di banyak bidang dan kita akan lebih menguatkan hal-hal tersebut," ucap Blinken pada Jumat (22/4).

Salah satu hal yang dibahas adalah mengenai kerjasama maritim, dimana Laut China Selatan menjadi topik utama dalam pembahasan tersebut. Dirinya mengatakan, AS sangat menginginkan wilayah tersebut menjadi wilayah yang damai dan stabil, dan dirinya mengajak Indonesia untuk turut andil dalam merealisasikan hal tersebut.

"Kami juga mengajak Indonesia untuk ikut mendamaikan dan menurunkan ketegangan di Laut China Selatan," sambungnya.

Selain membahas mengenai isu maritim, Blinken menuturkan kerjasama di bidang ekonomi, iklim, dan sejumlah isu global turut menjadi pembahasan dengan pemerintah Indonesia.


(esn)
sindonews
iklan