AS Cegat Kapal Iran Bermuatan 1.500 Pucuk Senapan

SANAA - Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) berhasil mencegat kapal asal Iran yang membawa 1.500 senjata AK-47 dan peluncur roket di Laut Arab. Kapal itu dilaporkan tengah berlayar menuju Yaman yang saat ini tengah dilanda perang.



Seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (4/4/2016), kapal perang USS Sirocco pekan lalu mencegat sebuah kapal kecil asal Iran di Laut Arab. Saat diperiksa, kapal tersebut diketahui menyembunyikan ribuan senjata dan ratusan pelontar granat. Pihak Angkatan Laut AS kemudian membebaskan kapal dan awaknya, namun menyita seluruh senjata yang disembunyikan.

Angkatan Laut AS menyatakan, dari hasil penyitaan itu diketahui jika kapal Iran tersebut mengirimkan 1.500 senjata jenis Kalashnikov, 200 peluncur granat berpeluncur roket dan 50 senapan mesin kaliber 21.

Yaman sendiri saat ini tengah dilanda perang, dimana pasukan koalisi Arab pimpinan Arab Saudi, yang didukung oleh AS, memerangi kelompok pemberontak Syiah Houthi.

Pemberontak Syiah yang didukung oleh Iran telah menguasai ibukota Sanaa sejak 2014, dan memaksa pemerintah untuk menyatakan kota Aden sebagai ibukota sementara.


(ian)
sindonews
iklan