AS Akan Cegah Penjualan Jet Tempur Rusia ke Iran

WASHINGTON - Pejabat urusan politik di Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Thomas Shannon menyatakan, pihaknya akan menggunakan segala cara untuk mencegah Rusia menjual jet tempur SU-30 ke Iran. Salah satu caranya adalah menggunakan hak veto di Dewan Keamanan (DK) PBB.



"Kami akan memblokir kesepakatan penjualan jet tempur tersebut," katanya saat berbicara di sidang Senat AS Komite Hubungan Luar Negeri. Dirinya mencatat, setiap penjualan tersebut harus disetujui oleh DK PBB.

Shannon, seperti dilansir Al Arabiya pada Rabu (6/4), juga mengatakan, Rusia harus mematuhi komitmen untuk tidak melakukan pengiriman peralatan untuk membangun rudal balistik ke Iran.

"Kami punya komitmen dari Rusia dalam hal bekerja untuk melarang transfer teknologi untuk program rudal balistik Iran. Mereka harus mematuhi komitmen mereka untuk tidak mentransfer teknologi atau untuk memfasilitasi transfer," sambungnya.

Sementara itu, Shannon juga menuturkan bahwa Pemerintahan AS terbuka untuk memperbaharui sanksi kepada Iran, yang berakhir pada akhir 2016, jika hal itu tidak melanggar perjanjian nuklir internasional dengan Teheran.


(esn)
sindonews
iklan