Tiga Bom Bunuh Diri Guncang Yaman, 22 Tewas

ADEN - Tiga bom bunuh diri yang diklaim dilakukan oleh ISIS menghantam pos pemeriksaan pasukan Yaman di Aden. Serangan ini menewaskan 22 orang, termasuk 10 warga sipil.



Pemboman ini diikuti dengan upaya untuk menyerang basis terbesar pasukan koalisi Arab pimpinan Arab Saudi yang tengah melaksanakan gencatan senjata dengan kelompok pemberontak Houthi dikutip dari Channel News Asia, Sabtu (26/3/2016).

"Pejuang ISIS telah meluncurkan tiga operasi mati syahid dan serangan terhadap basis pasukan koalisi di Aden," begitu pernyataan yang dimuat dalam situs media yang berafiliasi dengan ISIS, Amaq.

Menurut seorang pejabat keamanan, dua bom meledak secara bersamaan di pos pemeriksaan dipinggiran kota Aden. Sedangkan bom ketiga ditanam di ambulans diledakkan di pos pemeriksaan dekat Mansura, di pusat Aden.

Serangan itu terjadi tepat sebelum sekelompok orang bersenjata melancarkan serangan terhadap pangkalan terdekat milik koalisi Arab. Helikopter Apache milik pasukan koalisi berhasil menghalau serangan sekelompok orang bersenjata yang mencoba menyerang basis pasukan koalisi.

Kelompok ekstrimis ISIS dan Al-Qaeda telah mengeksploitasi kekacauan yang terjadi Yaman. Mereka terus melakukan ekspansi wilayah kekuasaan mereka di selatan Yaman dan melakukan serangan mematikan. Sebagian besar serangan itu melawan pasukan yang setia kepada Presiden Yaman.


(ian)
sindonews
iklan