Terungkap, Firaun Ramses III Dibunuh Secara Mengerikan

KAIRO - Sebuah penelitian mengungkap bahwa Firaun Ramses III dibunuh oleh beberapa penyerang secara mengerikan. Jempol kakinya dipotong dan tenggorokannya digorok.
 
 


Firaun Ramses III merupakan penguasa Mesir tahun 1186-1155 Sebelum Masehi. Temuan dalam penelitian itu juga didukung oleh teks-teks kuno papirus.

Penelitian tersebut menggunakan teknik pencitraan canggih, sehingga bisa memastikan jempol kaki Firaun Ramses III terputus.

Teka-teki kematian mantan penguasa Mesir kuno itu sudah lama dirahasiakan dengan cara jasadnya dimumi.

Sebuah buku baru karya Egyptologist, Zahi Hawass dan ahli radiologi Universitas Kairo Sahar Salim dengan judul “Scanning the Pharaohs: CT Imaging of the New Kingdom Royal Mummies” (Memindai Firaun: CT Pencitraan dari Kerajaan Baru Dinasti Mumi) menggambarkan penemuan terbaru itu.


Menurutu laporan Live Science, Senin (21/3/2016), tim peneliti yang menggunakan teknik computed tomography (CT) scanning, telah menemukan bukti baru terkait dengan plot kuno untuk membunuh Ramses III.

Dalam penelitian sebelumnya, tim peneliti menemukan penyebab kematian Ramses III, yakni tenggorokannya digorok dengan pisau tajam yang memutuskan trakea dan kerongkongannya.

Menurut Sahar Salin, jempol kaki Ramses III kemungkinan dipotong dengan kapak. Dugaan itu muncul berdasarkan bentuk tulang kakinya yang patah.

Adanya dugaan beberapa senjata yang digunakan untuk membunuh Ramses III, peneliti meyakini mantan penguasa Mesir kuno itu dibunuh banyak penyerang.


(mas)

sindonews
iklan