Tentara Nigeria Bebaskan 800 Sandera Boko Haram

LAGOS - Pasukan Nigeria membebaskan lebih dari 800 orang yang ditahan oleh kelompok Boko Haram di beberapa desa di timur laut negara itu. Demikian pernyataan yang dikeluarkan pihak militer Nigeria.


Militer Nigeria menggelar dua operasi militer untuk membebaskan 800 sandera di 12 desa. Operasi militer pertama, militer Nigeria menyasar sebuah desa dan menyelamatkan 520 sandera. Militer Nigeria sempat terlibat bentrokan dengan kelompok Boko Haram dalam operasi militer ini.

"Pasukan juga membersihkan sisa-sisa teroris Boko Haram yang tengah beristirahat," kata juru bicara militer Nigeria, Sani Usman, dalam sebuah pernyataan sembari menambahkan 22 teroris tewas dikutip dari The Guardian, Jumat (25/3/2016).

Pada operassi militer kedua, militer Nigeria berhasil membebaskan 309 sandera dari 11 desa lainnya yang berada di bawah kontrol kelompok esktrimis Islam ini. "Tiga anggota Boko Haram tewas dan satu ditangkap hidup-hidup selama serangan kedua pada 11 desa," ungkap Usman. Militer juga menyita sejumlah senjata, kapak, dan sepeda motor.

Kelompok hak asasi manusia mengatakan, Boko Haram telah menculik ribuan perempuan dan gadis-gadis muda. Angka itu termasuk penculikan terhadap lebih dari 200 anak sekolah yang diculik dari kota Chibok, Borno hampir dua tahun yang lalu.


(ian)
sindonews
iklan