Sekudang Masalah Pesawat Siluman Generasi Kelima PAK FA Rusia

Sama seperti AS terus-terus mengembangkan sebuah pesawat generasi kelima terbaru. Amerika menciptakan pesawat generasi kelima dalam bentuk F-35 Lightning II, Rusia pun tidak ketinggalan dalam menciptakan mesin mematikan ini, Paman Bear menciptakan pesawat generasi kelima dalam bentuk versinya.

Sekudang Masalah Pesawat Siluman Generasi Kelima  PAK FA Rusia


Sayangnya untuk buatan Rusia, PAK FA atau juga dikenal sebagai T-50, dalam perkembangan nya yang sering mengalami masalah yang menempatkannya sebagai pesawat generasi kelima dipertanyakan. 

Dilansir dari Singapore Airshow 2016, laporan IHS Jane bahwa "industri Rusia telah secara konsisten mengacu pada Sukhoi T-50 PAK-FA sebagai pesawat generasi kelima, tapi hati-hati dalam melihat program  pesawat ini"

Pesawat ini sebagian besar teknologinya mengadopsi dari teknologi pesawat sebelumnya. Memang, mesin PAK FA adalah sama dengan pesawat Rusia generasi 4 ++ (generasi yang menjebatani antara pesawat keempat dan generasi kelima ) Su-35. Selain itu, PAK FA dan Su-35 berbagi banyak on-board sistem yang sama.


Dan bahkan ketika sistem PAK FA berbeda dari Su-35 ini, spesifikasi pesawat itu masih belum sepenuhnya sampai ke standar generasi kelima.


RealClearDefense, mengutip laporan media India yang akrab dengan varian pesawat siluman PAK FA yang sedang dibangun di India, mencatat bahwa pesawat yang dikembangkan kedua negara ini memiliki beberapa masalah teknologi. Di antara masalah ini "performa mesin, keandalan radar AESA nya, dan kurangnnya teknik siluman Pesawat itu


Pertanyaan terpenting dari pesawat ini adalah tentang kemampuan siluman yang merupakasn salah satu faktor terbesar saat ini yang mempengaruhi persepsi dari PAK FA. Pada tahun 2010 dan 2011, dua pendapat memperkirakan bahwa program radar cross section pesawat itu (RCS) akan menjadi antara 0,3 dan 0,5 meter persegi, RealClearDefense catatan.


Sebagai perbandingan, Angkatan Udara AS telah mengisyaratkan bahwa RCS dari F-22 adalah sekecil 0,0001 meter persegi. RCS dari pesawat siluman F-35 adalah lebih besar, tapi masih sangat kecil jika dibandingkan dengan PAK FA, karena memiliki RCS dari sekitar 0.001 meter persegi.


Namun, sebenarnya akan sangat membantu untuk diingat jika angka RCS diklasifikasikan. Baik Rusia maupun AS telah merilis RCS sebenarnya dari pesawat mereka. Namun demikian, jika estimasi mendekati akurat, PAK FA secara signifikan kurang tersembunyi dari pesawat pesaingnya AS.Jadi pesawat tempur PAK FA tidak sepenuhnya siluman jika kembali dari dasar RCS tersebut.


Saat ini, Rusia hanya berencana membeli 12 PAK FA turun dari pesanan awal dari 52 karena masalah yang dialami dengan pesawat itu, meningkatnya biaya, dan masalah yang dihadapi perekonomian Rusia.
iklan