Pemerintah Cina Berencana Untuk Meningkatkan Belanja Militer 7-8% Pada 2016

Seorang Cina berbicara pada hari Jumat tentang peningkatan anggaran militer China paling lambat selama enam tahun, karena ekonomi terbesar kedua di dunia terasa melambat di tengah meningkatnya headwinds. Fu Ying, juru bicara sidang tahunan Kongres Rakyat Nasional, mengatakan belanja militer yang dianggarkan tumbuh sekitar 7 sampai 8 persen pada tahun 2016.
 

Pemerintah Cina Berencana Untuk Meningkatkan Belanja Militer  7-8% Pada 2016
 Prajurit Tentara Pembebasan Rakyat China selama parade militer menandai peringatan 70 tahun berakhirnya Perang Dunia II, di Beijing pada tahun 2015 September
(Foto: Reuters / Damir Sagolj)



Angka peningkatan anggaran pasti akan dirilis dalam laporan anggaran , Fu mengatakan dalam konferensi pers. Anggaran pertahanan China naik 10,1 persen dari tahun lalu.

Tingkat pertumbuhan dalam kisaran yang Fu telah sebutkan, mungkin menjadi yang terendah selama bertahun-tahun sejak 2010, ketika anggaran pertahanan angkanya mencapai 7,5 persen.

Juru bicara itu mengatakan mengenai kenaikan pada tahun 2016 sejalan dengan kebutuhan pertahanan nasional militer China dan pendapatan fiskal.

Kini Perekonomian China tumbuh 6,9 persen pada tahun 2015, hal ini paling lambat dalam seperempat abad, terbebani oleh penurunan pasar properti, jatuh perdagangan dan aktivitas pabrik lemah. Premier Li Keqiang akan mengungkap Target PDB pemerintah, Sabtu. 

Angka tersebut diperkirakan berada dalam kisaran antara 6,5 dan 7 persen, dibandingkan dengan "sekitar 7 persen" target diumumkan oleh Li tahun lalu.

iklan