Militer Myanmar Tampak Borong Sistem Pertahanan Udara Baru Rudal Buk

Tentara MIliter Myanmar Keliatannya telah mengimpor sistem pertahanan udara baru dari Rusia, mungkin rudal Buk atau Tor.

Hal ini diketahui dari Situs militer Myanmar baru-baru ini yang telah menerbitkan gambar sejenis sismtem pertahanan udara yang diambil di sebuah dermaga di negara ini. Dari gambar yang terlihat menunjukkan  penampilan sasis dasar khusus sistem MZKT-6922 sebagai dasar untuk rudal pertahanan udara modern dari Rusia. Gambar ini telah memicu spekulasi bahwa militer Myanmar mungkin telah mengimpor sistem senjata tertentu dari Rusia. Karena sebagian atap ditutupi oleh kanvas sulit mengidentifikasi apakah chassis ini membawa sistem senjata.

Menurut dari dokumen militer Rusia, basis chassis sistem MZKT-6922 digunakan sebagai platform untuk  varian perbaikan dari sistem rudal pertahanan udara Tor, Buk, Osa-1T dan T38 9K33-1T Stiletto.
 
 
Militer Myanmar Tampak Borong Sistem Pertahanan Udara Baru Rudal Buk
 
Untuk berapa jumlah sistem pertahanan yang telah diimpor tidak diketahui, sehingga polemik ini terus bergulir. Jika memang telah membeli Alutsista pertahanan dari Rusia, itu artinya Myanmar telah meningkatkan pertahanan udarannya untuk mengantisipasi segala ancaman. 

Militer Myanmar Tampak Borong Sistem Pertahanan Udara Baru Rudal Buk


Secara khusus, MZKT-6922 digunakan sebagai sistem pertahanan udara jarak pendek Tor-M2E yang dirancang untuk menghancurkan sebagian besar target udara seperti pesawat, helikopter, UAV, rudal jelajah, bom pintar.
iklan