Militer India Pasok Sistem Canggih AWACS Phalcon Dari Israel

Israel Aerospace akan memasok dua pesawat Phalcon canggih yang dilengkapi dengan sistem peringatan dini untuk pengumpulan data intelijen, laporan media India.
 
Militer India Pasok Sistem Canggih AWACS Phalcon Dari Israel
 

Pemerintah India telah menyetujui kesepakatan penting dengan Israel Aerospace Industries Ltd (IAI) (Tase: ARSP.B1) untuk memasok dua pesawat Phalcon canggih yang dilengkapi dengan sistem peringatan dini untuk pengumpulan data  dalam misi intelijen , laporan media India. Adapun nilai untuk pengadaan pesawat diperkirakan sebesar US $ 1,1 miliar. Meskipun persetujuan diberikan oleh kabinet keamanan India, kesepakatan yang signifikan bagi IAI, belum ditandatangani. Sumber-sumber tak mengesampingkan kemungkinan bahwa kesepakatan itu sendiri akan segera ditandatangani pada kunjungan ke Israel oleh Presiden India Narendra Modi yang dijadwalkan untuk melakukan kunjungan pada bulan-bulan mendatang. IAI tidak berkomentar saat laporan media India diterbitkan.

sumber-sumber Israel diberitakan tetap mengatakan bahwa negosiasi antara kedua pihak mengenai hal ini telah dimulai beberapa tahun yang lalu. IAI menandatangani kesepakatan yang berbeda 12 tahun yang lalu yang melibatkan pesawat intelijen, dan menyediakan tiga pesawat dengan sistem Phalcon untuk angkatan udara India dengan anggaran lebih dari $ 1 miliar. Sistem-sistem yang dipasang di pesawat illyushin IL-76 Platform Rusia, telah disesuaikan dan avionik canggih dan sistem lain yang diinstal di atasnya, termasuk sistem radar inovatif yang dikembangkan dan diproduksi oleh IAI anak Elta Systems.

India dianggap oleh Israel sebagai salah satu pelanggan IAI yang paling penting. Bahkan, Selain pengadaan  pesawat intelijen baru, militer India adalah sedanga bernegosiasi dengan perusahaan untuk membeli Barak 8 rudal pertahanan disesuaikan untuk penyebaran di darat untuk beberapa ratus juta dolar.

Di masa lalu, India telah mengambil langkah penting dengan menandatangani kesepakatan besar untuk pembelian Barak sistem 8 pertahanan disesuaikan dengan kapal perang, dan berbagi dalam pendanaan untuk program pengembangan rudal tersebut. Sebagai bagian dari program pengembangan bersama antara IAI dan riset pertahanan dan pengembangan lembaga India, tes versi angkatan laut dari Barak 8 baru-baru ini dilakukan di India.
iklan