Militer AS Ciptakan Bomber 21 Tercanggih Untuk Hadapi PAK-DA Rusia

Setelah bertahun-tahun spekulasi, Angkatan Udara akhirnya mengungkapkan gambar pertama dari bomber baru yang telah lama ditunggu-tunggu, sebelumnya dikenal sebagai Long Range Range Bomber (LRS-B) dan memberikannya sebutan resmi - B-21 . "Penunjukan B-21 mengakui LRS-B sebagai yang bomber pertama dari abad ke-21," kata Angkatan Udara. Program ini baru-baru ini memasuki tahap Rekayasa dan Manufaktur Pembangunan.


"Pesawat Bomber B-21 akan memungkinkan Angkatan Udara untuk beroperasi di lingkungan ancaman tingkat tinggi di kemudian hari" kata Angkatan Udara Sekretaris Deborah Lee James, " pesawat bomber generasi kelima akan memberikan negara Amerika kemampuan untuk menerobos sistem pertahanan udara dan menghancurkan target musuh di jantung pertahanan negara musuh.

Pesawat bomber baru dirancang dan akan dibangun oleh Northrop Grumman yang juga membuat  pendahulunya pesawat bomber B-2 Spirit. Bahkan, bomber baru ini terlihat sangat mirip dengan B-2. Sementara B-21 diharapkan dapat meningkatkan kemampuan lebih dari pendahulunya, B-2 itu sendiri adalah pesawat bomber siluman canggih. Masalah utamanya adalah bahwa akuisisi 132 pesawat yang direncanakan, hanya 21 yang benar-benar dibangun, karena memasuki layanan yang tepat pada saat Perang Dingin berakhir dan, setelah memproduksi hanya 21 pesawat produksi berhenti.





16 tahun kemudian, ancaman Rusia kembali dan kebutuhan untuk terhadap pesawat pembom baru tampaknya sangat mendesak. Pada bulan Oktober 2015 Angkatan Udara mengumumkan pemenang dari kontrak LRS-B untuk Northrop Grumman .  Angkatan Udara berencana untuk membeli minimal 100 B-21 dengan biaya $ 564.000.000 masing-masing. Nilai awal kontrak adalah $ 23500000000, tapi kesepakatan itu akhirnya bisa menjadi $ 55 atau sampai sampai $ 80 miliar, dimana biaya pengembangan saja bisa mencapai $ 23 milyar. 

Memang, pada pertengahan 2020 pesawat pembom B-21 tidak akan menjadi satu-satunya pembom strategis baru dalam pelayanan. Bahkan, perkembangannya menjadi pesaing tersembunyi untuk pesawat pembom PAK-DA Rusia diharapkan untuk masuk layanan operasional pada pertengahan dekade berikutnya, sekitar waktu yang sama untuk kemampuan awal dijadwalkan operasional B-21. Kedua pembom akan subsonik, dan memiliki bentuk sayap terbang, terbukti paling cocok untuk observability rendah (stealth). Rusia PAK-DA dikembangkan oleh Tupolev Biro Desain, yang mengembangkan semua pembom Rusia sebelumnya operasional hari ini  Tu-160, Tu-95 dan Tu-22M3.
iklan