Mayat Migran Terdampar di Lepas Pantai Libya

TRIPOLI - Penjaga pantai Libya mengatakan, 12 mayat migran ilegal yang membusuk terdampar di lepas pantai Garabulli, 75 km sebelah timur ibukota negara itu, Tripoli. Diduga, para migran tersebut berniat menyeberang ke Italia.



"Para migran menuju ke pulau Italia, Lampedusa," kata petugas Penjaga Pantai Libya, Abdullatif Al-Munser. Dia mengatakan, mayat tersebut hampir membusuk sepenuhnya karena kapal yang membawa mereka tenggelam beberapa hari lalu, seperti dilansir dari laman Xinhua, Sabtu (26/3/2016).

Libya selama ini menjadi titik keberangkatan favorit migran untuk menyeberang ke Eropa melalu laut Mediterania yang ganas. Banyak dari migran yang tewas tenggelam setelah kapal yang mereka tumpangi tenggelam dihantam gelombang.

Menteri Pertahanan Prancis pada hari Kamis lalu mengatakan, hampir 800.000 migran tengah menunggu di Libya untuk menyeberang ke pantai Eropa. Sedangkan Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi memperkirakan, hampir 100.000 migran telah melintasi Mediterania pada tahun 2016 sejauh ini.


(ian)
sindonews
iklan