Lithuania Menerapkan Kembali Wajib Militer Secara Permanen

Dewan pertahanan Lithuania telah memutuskan pada hari Senin bahwa wajib militer harus diperkenalkan/diterapkan kembali untuk selamanya. Dewan Pertahanan negara atas perintah dari Presiden Lithuania Dalia Grybauskaite memutuskan bahwa negara harus memperkenalkan kembali wajib militer wajib secara permanen.
 
Lithuania Menerapkan Kembali Wajib Militer Secara Permanen
 
 
Lithuania mengharapkan wajib militer akan membantu meningkatkan jumlah cadangan militer aktif negara hingga sekitar 30.000 tentara
 
"Dewan pertahanan negara memutuskan untuk melakukan draft untuk wajib militer bukan dalam waktu sementara tapi permanen, setiap tahun kalender," kata kepala penasehat presiden Lithuania pada keamanan nasional, Valdemaras Sarapinas, mengatakan dalam konferensi pers setelah pertemuan dewan.


Menteri Pertahanan Lithuania Juozas Olekas, yang sebelumnya menentang wajib militer permanen, memilih untuk mendukung keputusan itu.

Dewan Pemerintah juga telah memutuskan untuk mengalokasikan tambahan anggaran sebesar 150 juta euro (166.480.000 dolar AS) untuk anggran belanja pertahanan tahun depan. Tahun ini, anggaran pertahanan militer Lithuania berjumlah sekitar € 575.000.000, atau sekitar 1,5 persen dari PDB. Negara ini telah memutuskan tujuannya untuk meningkatkan anggaran pertahanan belanja hingga 2,0 persen dari PDB pada tahun 2018.
iklan