Korut Siap Ubah Seoul Jadi Kota Abu

PYONGYANG - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un mengancam akan melakukan serangan terhadap Korea Selatan (Korsel), dan menjadikan Seoul sebagai kota abu. Serangan itu akan dilakukan Korut jika Korsel memberikan tantangan langsung kepada mereka.


 
"Pasukan artileri Korut akan mengubah Seoul menjadi puing-puing dan abu jika mereka menantang kita," kata Jong-un, sepeti dikutip kantor berita Korut KCNA, yang dilansir Sputnik pada Jumat (23/3).
 
Jong-un yang berbicara saat menyaksikan latihan militer besar-besaran militer Korut menuturkan, target utama Korut adalah gedung-gedung pemerintah Korsel, khususnya Istana Biru. Istana Biru merupakan kantor sekaligus kediaman resmi Presiden Korsel.
 
Sebelumnya, Presiden Korsel Par Geun-hye memerintahkan militernya untuk meningkatkan kesiapannya di Semenanjung Korea. Ia meminta pasukan Korsel untuk siap menghadapi setiap aksi provokasi dari Korut.
 
Presiden Korsel juga menyerukan kepada warganya untuk siap menghadapi segala macam kemungkinan dan menambahkan bahwa ancaman terbaru Pyongyang melawan Seoul adalah tantangan langsung ke seluruh dunia.
 
Ketegangan antara Korut dan Korsel memang terus meningkat dalam beberapa pekan terakhir. Penyebab meninggi ketegangan antara kedua negara bertetangga tersebut adalah latihan perang yang dilakukan Korsel dengan Amerika Serikat (AS) diperairan Korea, dan uji coba rudal yang dilakukan Korut.
 


(esn)
sindonews
iklan