Korea Selatan dan AS Mulai Membahas Sistem Pertahanan Udara THAAD

Pemerintah dua negara Korea Selatan dan Amerika Serikat secara resmi  telah meluncurkan sebuah tim khusus yang akan membahas gagasan untuk penggelaran perisai pertahanan rudal canggih di negara Asia Timur Laut, kata pejabat militer di Kementerian Pertahanan. Tim gabungan dijadwalkan mengadakan pertemuan perdananya di kemudian hari di Departemen Pertahanan Nasional.

 Letnan Jenderal Thomas Vandal, komandan Pasukan AS Korea `s Eighth Army, menandatangani kontrak di kementerian di Seoul pada tanggal 4 Maret 2016, untuk meluncurkan kelompok kerja bersama tentang penyebaran kemungkinan pertahanan canggih US THAAD anti-rudal sistem (Yonhap)

Korea Selatan dan AS Mulai Membahas Sistem Pertahanan Udara THAAD


Dalam foto: kementerian Korea Selatan Direktur Jenderal Mayor  Jenderal Jang Kyung-soo dan US Angkatan Korea Mayjen Robert Hedelund.

Setelah bertahun-tahun adanya spekulasi atas penyebaran sistem dari Terminal High Altitude Lokasi  atau THAAD yang dikembangkan oleh Amerika di Korsel. Kini sudah tampak kejelasan bahwa adanya pengumuman bulan lalu bahwa kedua negaara sepakat akan mulai membahas penyebaran yang diusulkan AS dari sistem pertahanan tersebut di Korea Selatan untuk mengatasi ancaman dari Korea Utara.


Pembicaraan resmi yang dilakukan pada hari Jumat diluncurkan setelah kedua belah pihak menandatangani kerangka acuan dalam membentuk tim kerja bersama pada hari sebelumnya. 

"Korea Utara terus melakukan uji coba tes nuklirnya, melakukan provokasi rudal jarak jauh, menantang Korea Selatan dan upaya pencegahan masyarakat internasional," kata kementerian itu pada acara tersebut.


Terminal High Altitude Lockheed Martin (Credit: Lockheed Martin)


Pada tanggal 7 Februari, Korut telah meluncurkan roket jarak jauh untuk menempatkan satelit ke orbit, tapi dunia luar menganggap ini sebagai kedok untuk menguji teknologi rudal balistik antar benua tersebut. Hal membuat negara komunis sekutunya Cina ini mendapat kencaman keras dari dunia Internasional. 
iklan