Kecelakaan Pesawat, Bekas Menteri Kanada dan Keluarganya Tewas

QUEBEC - Bekas menteri di kabinet Kanada, Jean Lapierre, 59, tewas bersama anggota keluarganya setelah pesawat yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan di Quebec, Rabu (30/3/2016).
 
 


Kecelakaan pesawat di sebuah pulau di Quebec timur itu juga menewaskan dua pilot. Total, tujuh orang tewas.

Pesawat mengalami kecelakaan setelah lepas landas menuju ke sebuah pulau di Madeleine. Lapierre yang pernah terpilih sebagai anggota parlemen Kanada itu naik pesawat bersama istri dan tiga saudaranya.


Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, telah menyampaikan belasungkawa dengan menuliskannya di Twitter. “Kematiannya adalah sebuah kehilangan besar bagi dunia,” tulis dia, seperti dikutip IB Times.


Mantan Perdana Menteri Paul Martin juga merasa kehilangan.”Ia mencintai Kanada dan dia mencintai warga Quebec,” katanya.

Meski ikut menjadi korban tewas, keputusan pilot untuk menerbangkan pesawat ke Madeleine telah dipertanyakan. Terlebih maskapai Air Canada telah membatalkan penerbangan ke pulau itu.

Kecelakaan itu terjadi di lapangan yang dekat bandara, kata pejabat polisi Quebec, Daniel Thibodeau. Menurutnya, kondisi cuaca di pulau Madeleine tidak ideal untuk penerbangan pesawat.

Media Kanada melaporkan bahwa pesawat menukik curam sebelum menabrak fasilitas landasan pacu.  Lapierre pernah menjadi anggota DPR Kanada tahun 1979. Dia juga pernah menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga dalam pemerintahan singkat pada tahun 1984. Pada saat itu, dia baru berusia 28 tahun dan menjadi menteri termuda.

Selain itu, dia juga pernah menjabat sebagai Menteri Transportasi Kanada tahun 2004-2006.


(mas)

sindonews
iklan