Ini Alasan ISIS Sebar Teror Versi Menlu AS

BRUSSELS -  Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) John Kerry mengungkap pendapat mengenai alasan mengapa ISIS saat ini mulai menyebar teror di Eropa. Menurut Kerry, alasannya adalah karena ISIS sudah mulai kehilangan kendali di Timur Tengah, dan mereka butuh untuk membuat pernyataan bahwa mereka masih ada.



"Alasan Daesh (ISIS) mengalihkan serangan ke luar Timur Tengah adalah karena fantasi mereka soal khilafah telah runtuh di depan mata mereka," kata Kerry paska melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Belgia Charles Michel di Brussels.

"Wilayah yang mereka kuasai terus menyusut, kepemimpinannya telah hancur oleh serangan koalisi, keuangan mereka mengering, dan banyak anggota mereka yang melarikan diri," sambungnya, seperti dilansir New York Times pada Jumat (25/3).

Di hadapan Michel, Kerry mengatakan, dunia internasional seharusnya jangan terpengaruh oleh aksi teror ini. Dunia internasional, lanjut Kerry, justru seharusnya merespon dengan melakukan perlawanan yang lebih hebat.

"Kami tidak akan terintimidasi, kami tidak akan tergoyahkan. Kami akan datang kembali dengan tekad yang lebih besar, dengan kekuatan yang lebih besar, dan kami tidak akan berhenti sampai kami harus menghapus keyakinan nihilistik dan pengecut dari muka mereka," pungkasnya.


(esn)
iklan