Di Usik Cina, Militer Australia Akan Miliki Pesawat Pembom Jarak Jauh B-1

Amerika Serikat sedang dalam pembicaraan serius untuk pesawat pembom jarak jauh untuk Australia, Australian Broadcasting Corporation (ABC) melaporkan pada hari Rabu, sebuah langkah yang bisa meningkatkan ketegangan dengan China.

Di Usik Cina, Militer Australia Akan Miliki Pesawat Pembom Jarak Jauh B-1

Pembicaraan sedang dilakukan dengan Australia untuk memungkinkan pesawat pembom  B-1 US dan tanker udara untuk ditempatkan sementara di Wilayah Utara Australia, US Pacific Air Forces, General Lori Robinson dikutip oleh ABC - posisi pesawat militer AS dekat dengan Laut Cina Selatan yang disengketakan.


China telah berungkali mengklaim hampir semua Laut Cina Selatan, namun Brunei, Malaysia, Filipina, Taiwan dan Vietnam memiliki klaim yang tumpang tindih.


Ketegangan antara AS dan China telah meradang dalam beberapa pekan terakhir.


Angkatan Laut AS telah melakukan latihan navigasi, berlayar dekat pulau yang disengketakan secara bebas untuk menggarisbawahi hak untuk beroperasi di laut.


Mereka melakukan patroli, dan China mengerahkan rudal canggih, pesawat tempur dan peralatan radar di pulau-pulau di sana, telah menyebabkan Washington dan Beijing terus memanas.


Jenderal Robinson mengatakan AS akan terus melakukan latihan melalui jalur air yang disengketakan, katanya seperti dikutip ABC.
iklan