Cina Ingin Kalahkan India untuk Misi Ke Planet MARS

BEIJING: China berencana untuk meluncurkan penyelidikan pertama pada tahun 2020 ke planet Mars untuk menyaingi India. Para ilmuwan berharap bahwa misi yang akan dilakukan lebih luas dari India. India merupakan satu-satunya negara yang telah mencapai ke Mars dalam upaya pertama.
 
Cina Ingin Kalahkan India untuk Misi Ke Planet MARS
 

Ye Peijian, seorang ahli kedirgantaraan pemerintah Cina, mengatakan persiapan untuk peluncuran pada tahun 2020 sedang berlangsung dan probe diperkirakan tiba di Mars pada 2021.

"Meskipun kita bukan negara Asia pertama yang mengirimkan probe ke Mars, kami ingin memulai pada tingkat yang lebih tinggi," Ye, seorang akademisi di Chinese Academy of Sciences, mengatakan tampaknya merujuk pada misi India yang telah lebih dahulu sukses sampai ke Mars.

Pesawat luar angkasa India 'Mangalyaan', atau Misi Orbiter Mars , memasuki orbit Mars pada bulan September tahun 2014, itu hampir satu tahun setelah peluncurannya, dan menjadikan India sebagai negara Berkembang pertama di ASIA yang sukses mencapai Mars, India juga masuk dalam klub negara-negara eksklusif  yang sukses untuk mencapai Mars. Hanya program luar angkasa Soviet, NASA, dan Badan Antariksa Eropa telah berhasil sampai di sana.

India juga satu-satunya negara Asia yang telah sukse mencapai Mars, dan pertama di dunia untuk melakukannya dalam upaya perdananya. 'Mangalyaan' adalah salah satu misi antarplanet termurah yang pernah.
iklan