AS Tekan India Untuk Ikut Dalam Persiapan Perang Melawan Cina

Saat mengunjungi New Delhi pekan ini, kepala Komando Pasifik AS, Laksamana Harry Harris, menekan India untuk mengambil langkah-langkah untuk bergabung bersama AS dalam upaya membuat membuatnya menjadi "negara garis depan" , Dimana AS mendorong ke strategi isolasi, mengepung dan bersiap untuk perang menghadapi Cina.
 
AS Tekan India Untuk Ikut Dalam Persiapan Perang Melawan Cina
 

Harris mengajak angkatan laut India dan AS untuk melakukan sejumlah patroli bersama di seluruh Hindia  Pasifik dan India ikut untuk bergabung dengan AS dan dua sekutu militer Asia-Pasifik yang paling penting, Jepang dan Australia, di dialog keamanan segiempat .

Kemudian laksamana Harris mengatakan dalam konferensi pers bahwa tahun ini akan diadakan latihan yang diberinama Malabar, latihan angkatan laut trilateral yang melibatkan India, AS dan kapal perang Jepang, yang akan berlangsung di lepas pantai timur laut Filipina, sangat dekat dengan Laut Cina Selatan.

AS telah lama bekerja untuk mengintegrasikan India masuk ke militer strategi ofensif terhadap Cina. Namun demikian, ajakan dari Harris untuk New Delhi untuk bergabung dengan AS untuk aliansi anti China adalah belum pernah terjadi sebelumnya.
iklan