Takut Serangan Terowongan Dari Hamas, Israel Bangun Underground Iron Dome

Israel saat ini sedang mengembangkan sebuah sistem canggih yang akan mendeteksi torowongan bawah tanah dari kejauhan, sebagai cara untuk mencegah serangan Mujahidin Hamas.
 
Takut Serangan Terowongan Dari Hamas, Israel Bangun Underground Iron Dome
 

Sistem ini sedang dikembangkan oleh perusahaan elektronik pertahanan bersama dengan Kementerian Pertahanan Israel dan didasarkan pada serangkaian sensor untuk mendeteksi setiap gerakan.

Para pejabat Israel meningkatkan pengembangan sistem setelah konflik 50-hari musim panas lalu dengan Hamas. Pemerintah Israel menemukan 32 "serangan terowongan" yang dibangun oleh Hamas, dengan satu bahkan mendapatkan tepat di bawah perbatasan. Dalam hal itu, para pejuang Hamas mampu muncul dari terowongan di dalam Israel dan pasukan penyergapan, dengan beberapa berhasil melarikan diri kembali ke Gaza.

Sistem baru ini dipuji sebagai setara bawah tanah Iron Dome, sistem Israel yang interdicts hampir 90 persen dari roket ditembakkan ke daerah-daerah berpenduduk.

Perkiraan biaya sepenuhnya membangun sistem baru adalah $ 3.500.000 per mil di sepanjang 35 mil perbatasan antara Gaza dan Israel.
iklan