Salah Satu Markas Rahasia India Tertimbun Longsor 10 Orang Tewas, Pakistan Tawarkan Bantuan

Direktur pasukan operasi militer umum (DGMO) Pakistan disebut bahwa pada hari Kamis  menawarkan bantuan untuk penyelamatan personil Angkatan Darat India yang hilang setelah salju longsor melanda wilayah gletser Siachen (wilayah base rahasia militer kedua negara).
 
 

Sepuluh tentara India dikhawatirkan terkubur dalam longsoran salju yang melanda Siachen gletser di bagian India yang dikuasai Kashmir pada hari Rabu, Para prajurit tertimbun saat bertugas di pos di ketinggian 19.000 kaki.

"Pada dini hari, 10 tentara terkena longsoran salju di utara Siachen Glacier." Kata Sebuah pernyataan militer pasca sedang dijaga oleh seorang petugas junior dan sembilan tentara ketika longsoran salju melanda.

Longsoran dan tanah longsor yang umum di Siachen Glacier selama musim dingin dan suhu di sana bisa drop serendah minus 60 derajat Celcius.

Pada bulan Januari empat tentara tewas oleh longsoran salju, sementara tahun lalu empat lagi meninggal ketika kendaraan mereka terkubur di bawah longsoran salju dekat Leh, kota utama di wilayah dataran tinggi yang dikenal sebagai Ladakh.

Diperkirakan 8.000 tentara telah tewas di gletser sejak tahun 1984, hampir semua dari mereka dari longsoran, tanah longsor, radang dingin, penyakit ketinggian atau gagal jantung.
iklan