Pesawat Tempur Siluman Cina J-20 Masuk Produksi, AS Harus Waspada

 Militer Cina bergerak cepat untuk menjadi negara Superior, saat telah banyak terjadi perdepatan bahwa pesawat tempur siluman J-20  China kini telah memasuki awal produksi (LRIP). Dalam beberapa kesempatan Cina secara tidak langsung terlah memamerkan pesawat tempur siluman generasi kelima miliknya melakukan latihan dengan menggunakan beberapa prototipe /  contoh produksi yang menunjukan  karya Chengdu di akhir Desember. Pesawat siluman ini dilaporkan melakukan penerbangan pertama pada tanggal 18 Januari, dimana prototipe dari pesawat  kedua juga telah terlihat di lapangan terbang.


Sedangkan pesawat sebelumnya yang telah melakukan berbagai latihan, semua telah bernomor di kisaran 20xx, dan terungkap dalam  pengecatan akhir, Dua pesawat siluman generai kelima Cina telah memiliki nomor  pesawat 2101 untuk percobaan pertaman dan nomor peawat siluman kedua 2102.


Dirancang oleh 611 Institute dan dibangun oleh Chengdu Aerospace Corporation di lapangan udara Huangtianba, J-20 adalah pesawat tempur siluman  multi-peran generai kelima dengan fitur tersembunyi mirip dengan yang ditemukan di peawat tempur siluman F-22 dan F-35 Amerika . Kemampuan dari pesawat siluman ini masih menjadi teka teki karena belum ada publikasi khusus dari pemerintah cina mengenai kemampuan pesawat tempur siluman miliki Cina ini, Meskipun sangat sedikit yang diketahui tentang peawat ini, pesawat tampaknya menawarkan kemampuan dalam sejumlah peran, termasuk intersepsi  jarak jauh dan serangan presisi.

Pesawat Tempur Siluman Cina J-20 Masuk Produksi, AS Harus Waspada




Dalam hal tata letak senjata dari pesawat tempur siluman  J-20 memiliki pengaturan yang sama dengan yang ada pada Lockheed Martin F-22, yang terdiri dari dua teluk lateral kecil untuk rudal udara-ke-udara  seperti tangkas, pencitraan inframerah-PL-10, dan  bay bawah untuk menampung rudal yang lebih besar dan senjata serangan permukaan presisi-dipandu. 


Sensor suite mencakup sistem elektro-optik penargetan (EOTS) dan radar array AESA , yang dikembangkan oleh 14 Institute di Nanjing Research Institute of Technology Electronics (NRIET, 14 Institute), dan mungkin ditunjuk Jenis 1475 / KLJ -5. Jendela berbentuk berlian di sekitar badan pesawat menunjukkan bahwa didistribusikan aperture sistem visi inframerah dipasang.


Di kokpit, J-20  ada tiga tampilan warna yang besar, ditambah layar kecil lainnya, dan wide-angle head-up display hologram. Sebuah datalink canggih telah dikembangkan, dan probe pengisian bahan bakar ditarik terletak di sisi kanan dari pesawat siluman. Sebagian besar avionik suite yang telah diuji oleh CFTE ( uji terbang Cina) .

Jika benar Pesawa tempur siluman Cina ini telah memasuki produksi, maka patutlah AS untuk mulai berpikir untuk lebih hati-hati untuk bermusuhan dengan Cina. Artinya Jika telah masuk dalam tahap produksi semua test terpenting dari pesawat siluman telah berhasil di jalankan.  AS harus berwaspada jika ingin menerobos wilayah udara Cina.
iklan