Panik Korut Kembangkan Rudal Balistik, AS, Jepang Dan Korsel Sepakat Berikan Sanksi

Korea Utara mengatakan telah menempatkan satelit ke orbit pada hari Minggu, tetapi hal berbeda di sampaikan oleh Amerika Serikat dan sekutunya yang melihat peluncuran itu sebagai kedok untuk Korut melakukan pengembangan teknologi rudal balistik Pyongyang yang dapat digunakan untuk sebagai senjata nuklir di Samudra Pasifik.


Dalam pembicaraan di telepon, Selasa, sekutu dan Obama sepakat memberikan berbagai sanksi di luar PBB juga dibutuhkan untuk memberikan hukuman kepada Korea Utara, kata kantor Park dalam sebuah pernyataan. "Kedua pemimpin negara sepakat untuk bekerja sama erat untuk mengadopsi yang kuat dan resolusi sanksi sebagai respon bersatu dengan masyarakat internasional terhadap apa yang dilakukan oleh Korea Utara baik uji coba nuklir dan peluncuran roket dengan menggunakan teknologi rudal balistik, "kata presiden Blue House. 

Panik Korut Kembangkan Rudal Balistik, AS, Jepang Dan Korsel Sepakat Berikan Sanksi



Dewan Keamanan PBB menyampaikan kecamananya kepada Korut pada hari Minggu yang mengecam keras peluncuran roket Korea Utara dan berjanji untuk mengambil tindakan terhadap kelakuan Korut, Demikian juga dengan Washington  akan memberikan "konsekuensi serius" kepada Pyongyang sesegera mungkin.


Namun, China, sekutu utama Korea Utara dan anggota pemegang hak veto Dewan Keamanan PBB, telah menolak sanksi yang keras yang diminta oleh Amerika Serikat dan Korea Selatan terhadap tes 6 Januari oleh Korea Utara dari perangkat nuklir, Pyongyang mengklaim adalah sebuah bom hidrogen .


Seorang pejabat senior AS mengatakan pada hari Senin bahwa China setuju setiap resolusi baru PBB terhadap Korea Utara akan mencakup sanksi tambahan dan melampaui langkah-langkah sebelumnya, tapi Washington mendesak Beijing untuk menempatkan lebih tekanan pada Pyongyang. 
iklan