Malaysia Tertarik Untuk Borong Pesawat tempur JF-17 ?

Sumber Pakistan baru-baru ini memberitakan langkahnya untuk kepentingan internasional di Pakistan. Pesawat tempur JF-17 s dibuat dan dirancang, secara khusus yang ditujukan untuk Sri-Lanka , Azerbaijan dan Malaysia. Penjualan ke Sri Lanka dilaporkan setelah kunjungan Perdana Menteri Nawaz Sharif baru-baru ini ke Colombo. Namun, setelah adanya tekanan keras dari India, Colombo kemungkinan untuk membatalkan rencana untuk mengikuti  kesepakatan, yang akan menelan biaya $ 400 juta. Pesawat Tempur buatan Pakistan dianggap sebagai pengganti untuk pesawat tempur Angkatan udara Sri Lanka (SLAF) yang telah tua seperti armada Kfirs Israel dan MiG-27s. Pakistan telah mendorong penjualan 10 sampai 12 JF-17 s, masing-masing harga sekitar $ 35 juta.

JF-17 Thunder dirancang dan dikembangkan oleh perusahaan AVIC  Cina untuk memenuhi kebutuhan pesawat tempur supersonik ringan Pakistan dan terjangkau. Saat ini diproduksi oleh Pakistan Aeronautical Complex untuk Angkatan Udara Pakistan. Kompleks diproduksi 16 JF-17 pesawat Block-II Guntur pada tahun 2015.
 
Malaysia Tertarik Untuk Borong Pesawat tempur JF-17
 

Myanmar adalah pembeli internasional pertama untuk pesawat tempur JF-17, yang menempatkan pesanan untuk 16 Thunders pada 2015. Presiden Pakistan Mamnun Hussain mengatakan baru-baru ini  Azerbaijan dan Nigeria keduanya tertarik untuk membeli jet Pakistan. Pakistan juga telah membahas potensi penjualan dengan Mesir dan Malaysia, namun Menteri Pertahanan Malaysia Datuk Seri Hishammuddin Tun Hussein membantah negaranya tertarik.
iklan