Iran Akan Upgrade Rudal Balistiknya Dan Memborong Pesawat Tempur Su-30

Iran akan melakukan upgrade dari rudal balistik Emad pada tahun ini, ungkap menteri pertahanan seperti yang dilaporkan oleh media, karena memajukan program tersebut telah menuai kecaman dari PBB dan sanksi dari Amerika Serikat.


Syiah Iran juga akan mulai mengambil paket pengiriman sistem pertahanan canggih S-300 rudal permukaan-ke-udara dari Rusia dua bulan ke depan, Hossein Dehghan menambahkan, sebelumnya sistem pertahanan canggih S-300 telah diblokir sebelum kesepakatan nuklir tengara dengan kekuatan dunia.


Teheran menyetujui kesepakatan dengan dunia internasional untuk membatasi program nuklirnya pada bulan Juli tahun lalu yang mengakibatkan sanksi internasional dicabut pada bulan Januari. Tapi ketegangan dengan Washington tetap tinggi Teheran terus mengembangkan kemampuan militernya.

Iran Akan Upgrade Rudal Balistiknya Dan Memborong Pesawat Tempur Su-30







Iran untuk pertama kali menguji rudal Emad pada bulan Oktober. Iran meningkatkan akurasi dari arsenalnya  yang ada, Iran mengatakan rudal baru yang akan mereka miliki akan menjadi bagian penting dari pencegahan konvensional.


Namun Amerika Serikat mengatakan Emad mampu membawa hulu ledak nuklir dan karena itu tes melanggar resolusi PBB. Washington memberlakukan sanksi baru bulan lalu terhadap individu Iran dan bisnis terkait dengan program rudal.

Teheran dan Moskow juga telah memulai negosiasi serius untuk memasok negara Syiah itu dengan pesawat tempur Sukhoi-30  Rusia ke Iran, kata Dehghan.


"Kami bahkan telah memutuskan  untuk membeli sejumlah p pesawat tempur Sukhoi-30  " kata Dehghan.
iklan