India Melakukan Tes Sistem Pertahanan Rudal Akash Permukaan-Ke-Udara

India baru-baru ini telah melakukan uji penembakan rudal buatan dalam negeri India. Rudal Akash dikembangkan sebagai rudal permukaan-ke-udara Jarak menengah sebagai bagian dari percobaan dari Test Range Terpadu (ITR) di Chandipur. Berbagai Rudal, dengan berbagai penembakan dengan jarak 25 km dan kemampuan untuk membawa hulu ledak 60 kg, yang ditembakan pada pukul 11:00-02:00 waktu setempat dari 3 peluncuran ITR.




Rudal Akash adalah rudal jarak menengah permukaan-ke-udara sistem (SAM) yang dirancang dan buat oleh BUMN Pertahanan Penelitian dan Pengembangan Organisasi India (DRDO).


Adapun Pengembangan dari sistem rudal Akash dimulai pada tahun 1983 dengan produksi pertama pada tahun 2002. Pengujian penembakan pertama terjadi pada tahun 1990. Sistem rudal dikembangkan berdasarkan Rudal buatan Soviet 2K12 (NATO menyebutnya SA-6) sistem pertahanan rudal permukaan-ke-udara.


Rudal Akash sangat penting untuk program pertahanan udara India karena akan digunakan untuk melawan rudal balistik dan jelajah , pesawat musuh dan rudal udara-ke-permukaan . Dua versi rudal sedang dibangun untuk Angkatan Udara India (IAF) dan Angkatan Darat India (IA).


Rudal itu secara resmi dilantik menjadi jajaran Angkatan Udara India pada bulan Juli 2015. Sistem rudal permukaan-ke-udara Akash memiliki kemampuan untuk menetralisir target udara seperti jet tempur, rudal jelajah dan udara-ke-permukaan rudal.
iklan