Hadang Militer Cina, India Menawarkan Untuk Mengirim Gurkha Untuk Brunei

Pos militer terakhir Inggris di Timur Jauh mungkin berisiko dalam kondisi konflik, Untuk hal itu India dilaporkan telah menawarkan diri untuk mengirim pasukan khusus Gurkha untuk melindungi Kesultanan Brunei, saati ini peran itu dilakukan oleh Angkatan Darat Inggris.
 
Hadang Militer Cina,  India Menawarkan Untuk Mengirim Gurkha Untuk Brunei
 

Kesultanan kecil Brunei yang kaya minyak adalah protektorat Inggris selama hampir satu abad, dan terus membayar untuk menjadi Base satu batalion Angkatan Darat Inggris Gurkha sejak kemerdekaan pada tahun 1984.

Tapi dalam beberapa tahun terakhir Brunei telah menemukan dirinya terjebak dalam pertarungan antara negara-negara tetangga yang lebih besar yang termasuk India dan China atas Laut Cina Selatan.

Pada kunjungan resmi yang berakhir pada Rabu, wakil presiden India Mohammad Hamid Ansari menandatangani perjanjian pertahanan bilateral yang melibatkan latihan militer bersama dan pelatihan, sebagian dirancang untuk menopang Brunei terhadap klaim Cina atas wilayah maritim yang disengketakan.

Sumber hadir pada pertemuan itu mengatakan kepada The Indian Express bahwa India juga telah menawarkan untuk memberikan tentara termasuk pensiunan tentara dari  Gurkha Resimen sendiri, berpotensi menggantikan peran  pasukan Inggris Brunei.

Klaim akan meningkatkan kekhawatiran atas masa depan kesepakatan di mana Sultan membayar puluhan juta pound per tahun untuk mendukung kehadiran tentara Inggris 1.000 untuk  menjamin pemerintahannya.
iklan