Rudal Nuklir Tidak Ditampilkan Dalam Parade Militer India Untuk 3 Tahun Ini

Untuk tiga tahun berturut-turut, India tidak menampilkan satupun dari rudal nuklirnya dalam parade Hari Kemerdekaan negara. Pada tahun 2013, negara Boliwood ini terakhir menampilkan rudal antar-benua balistik Agni V selama parade Hari Kemerdekaan ketika tamu utama adalah Bhutan Raja Jigme Khesar Namgyel Wangchuck. 

Rudal Nuklir Tidak Ditampilkan Dalam Parade Militer India Untuk 3 Tahun Ini


Namun, pada tahun 2014, dengan adanya Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe sebagai tamu utama ada rudal balistik yang ditampilkan selama pawai. India pada waktu itu menegosiasikan kesepakatan nuklir sipil dengan Jepang, satu-satunya negara yang telah menderita serangan bom atom.

Rudal nuklir juga tidak ditampilkan selama Hari Kemerdekaan tahun lalu ketika Presiden AS Barack Obama menjadi tamu utama.

Ditanya mengapa rudal balistik yang tidak ditampilkan, kepala staf Delhi daerah Angkatan Darat India, Mayor Jenderal Rajesh Sahai, mengatakan bahwa sebagai upaya pencegahan bukan dengan menampilkan semua yang dimiliki negara.

Namun, ia menambahkan bahwa beberapa item bisa kembali tahun depan dengan display yang dipilih secara rotasi. Tentara yang telah mengembar-gemborkan mengenai cinta produk dalam negeri malah berinisiatif untuk menampilkan tank Rusia T-90 bukan tank Arjun buatan lokal yang dikembangkan oleh DRDO. Tentara menampilkan kendaraan tempur infanteri BMP II (Sarath), peluncur otonom mobile dari sistem rudal BrahMos, sistem senjata Akash, kendaraan peluncur Smerch dan komunikasi sistem terpadu peperangan elektronik .

Angkatan Laut menampilkan operasi dek penerbangan pada kapal induk baru Vikrant, sedang dibangun di galangan kapal Kochi, dan kapal selam Kalvari produk buatan dalam negeri yang dibangun oleh Mazagaon Dock, setelah selogan Made in India digaungkan pada mereka. Di antara para pesawat tempur yang ditampilkan oleh IAF, ada lima Jaguar Anglo-Perancis.
iklan